Home / Tsaqafah / ABDUR RAHMAN ASH SHUFI, PENEMU GALAKSI ANDROMEDA

ABDUR RAHMAN ASH SHUFI, PENEMU GALAKSI ANDROMEDA

ABDUR RAHMAN ASH SHUFI, PENEMU GALAKSI ANDROMEDA

NGC 224 alias Messier 31 yang kemudian disingkat menjadi M31, atau lebih dikenal dengan nama Galaksi Andromeda adalah sebuah galaksi spiral berjarak kira-kira 780 kiloparsec dari bumi. Galaksi ini merupakan salah satu galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang, asalkan dilihat pada malam yang cerah, tanpa bulan dan tanpa polusi cahaya. Galaksi Andromeda terletak di belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, baik diamati sekitar bulan September, Oktober, atau November.

Dengan mata telanjang, galaksi ini nampak seperti kabut tipis kecil di langit utara, tetapi jika diamati dengan teropong yang dapat menampakkan bintang-bintang redup di tepian galaksi Andromeda, ternyata ukuran Andromeda bisa lebih dari 7 kali diameter sudut bulan. Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang, dan bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 300 km/detik.

Tahukah Anda, ternyata Galaksi Andromeda ditemukan oleh ilmuwan muslim, yaitu Abdur Rahman Ash Shufi. Beliau adalah ahli astronomi dari Persia. Beliau hidup pada tahun 903 sampai tahun 986. Karyanya yang melegenda tentang kumpulan teks astronomi berjudul “Shuwar Al Kawakib” atau dalam bahasa Inggris disebut Book of Fixed Stars. Selain membahas teks-teks tentang konstelasi bintang yang ditulis Claudius Ptolemy. Dalam buku itu, Abdur Rahman Ash Shufi menulis tentang benda ruang angkasa yang ia sebut awan kecil. Ternyata, awan kecil itu adalah Galaksi Andromeda. Ya, itulah pertama kalinya Galaksi Andromeda diamati dan dicatat.

 

Penulis: M. Faishal Fadhli

Editor: Yazid Abu Fida’

Baca Juga

ISLAM MEMANUSIAKAN JAWA 

Jawa pra Islam Sebelum Islam hadir mewarnai bumi khatulistiwa ini, Nusantara wa bil khusus tanah ...

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami

Telah dibuka Pendaftaran Santri Baru 2019/2020 (mulai 1 Desember 2018) !Klik di Sini
+ +