Home / Kabar Pondok / ACARA MARHALAH SANTRI PONPES DARUSY SYAHADAH

ACARA MARHALAH SANTRI PONPES DARUSY SYAHADAH

 Acara Marhalah 1 Acara Marhalah 2 Acara Marhalah 3 Acara Marhalah 4

KedungLengkong-24/03/2017. Bagian nasyath (kegiatan) Ponpes Islam Darusy Syahadah mengadakan acara untuk para santri. Acara ini digulirkan kepada setiap marhalah (angkatan). Kepada masing-masing Rijalus Sura (pengurus) Marhalah, diberikan wewenang untuk membuat acara sesuai kesepakatan.

Para santri diberikan waktu dari kamis sore hingga keesokan harinya menjelang waktu shalat jumat. Setiap angkatan mengadakan acara yang berbeda-beda. Untuk kelas akhir dan TKS, mereka memilih menonton film Islami dan bermalam di pesantren. Adapun kelas 1 dan 2 KMI, mereka memilih acara di luar pesantren. Untuk kelas 1 KMI bertempat di salah satu masjid yang terletak di Dusun Karang Jati, Desa Kedunglengkong. Sedangkan kelas 2 KMI, berlokasi di masjid Darul Huda Dusun Sucen Timur, Desa Kedunglengkong.

Dimulai dengan buka bersama, kemudian makan malam selepas shalat maghrib. Ba’da isya’ acara dilanjutkan dengan sambutan oleh ustadz pembimbing dan takmir masjid setempat. Setelah itu disambung dengan mabit dan renungan malam dengan dipandu oleh ustadz pembimbing untuk kelas 2. Adapun kelas 1 memilih kembali dan bermalam di pesantren setelah musyawarah.

Keesokan harinya, tiap marhalah melanjutkan acara mereka masing-masing. Untuk kelas 1 & 2 TID, 1 dan 3 KMI, mengadakan sepak bola di lapangan Karang Jati. Adapun kelas TKS, mereka mengadakan jalan sehat keliling desa. Dimulai dari Dusun Terangan, Kemel, Gempol Sari, Patran, Cilak, Candran hingga finish di lapangan Karang Jati. Harapannya mereka lebih dapat mengenal wilayah dan masyarakat sekitar pesantren, mengingat mereka baru beberapa bulan di Pesantren.

Berbeda dengan kelas 2 KMI, mereka mengadakan Bakti Sosial di masjid-masjid sekitar pesantren. Mencakup wilayah Gumuk Rejo, Sucen, Sirah, Gumuk dan Joho. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok yang bertugas membersihkan masjid-masjid yang ada di wilayah tersebut. Terhitung sebanyak 12 masjid yang ada dilokasi.

Selain sebagai refreshing, kegiatan semacam ini diharapkan menjadi salah satu sarana untuk mempererat ukhuwah antar teman se-angkatan. Selain itu acara ini juga bisa menjadi sarana dakwah dan pendekatan masyarakat sekitar.

Penulis: Cokro

Editor: Yazid Abu FIda’

Baca Juga

MOS (Masa Orientasi Santri) Th. 2017

Simo Taujih News. Mengawali tahun ajaran baru, 2017-2018, Bagian Kesantrian mengadakan MOS  (Masa Orientasi Santri). ...

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami

Telah Dibuka! Pendaftaran Santri Baru Gelombang Pertama Tahun Pelajaran 2018/2019!Klik Di Sini!!!