Home / Kabar Pondok / CERDAS CERMAT ILMIYAH

CERDAS CERMAT ILMIYAH

 WhatsApp Image 2017-04-20 at 10.23.40 WhatsApp Image 2017-04-20 at 10.23.56

Gunung Madu, (17/04/2017). Bagian perpustakaan Ponpes Darusy Syahadah Putra mengadakan acara tahunan yaitu lomba Cerdas Cermat Ilmiyah (CCI) untuk para santri. CCI kali ini di gelar pada hari Senin Malam, 17 April 2017 di Masjid Baitul Makmur komplek Darusy Syahadah Putra.

Acara ini diikuti oleh santri kelas TKS, 1 KMI, 2 KMI, dan 1 TID. Para peserta dibagi menjadi empat kelompok dengan masing-masing empat orang. mereka merupakan santri yang lolos seleksi sebelumnya. Adapun selainnya hanya menjadi penonton dalam acara ini.

Selepas shalat isya’, para santri dikumpulkan di masjid. Kemudian acara baru dimulai setelah seluruh perlengkapan siap. Diawali dengan pembukaan dan tilawatul qur’an. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh musyrif perpustakaan Ustadz Syahidan Sulthoni. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi acara ini. Karena selain para peserta bersaing merebutkan juara, para santri juga mendapatkan manfaat dari setiap pertanyaan yang ada. Beliau juga memohon maaf kepada para santri, disebabkan sedikitnya asatidzah yang menemani acara tersebut. Karena memang acara tersebut berbarengan dengan rapat asatidzah.

Sebelum para peserta mendapat giliran pertanyaan, terlebih dahulu dibacakan ketentuan soal dan kriteria penilaian. Pertanyaan dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama 10 soal wajib untuk setiap kelompok. Sesi kedua 5 soal lemparan untuk masing-masing kelompok. Dan sesi ketiga 10 soal rebutan.

Setiap pertanyaan yang diajukan dewan juri, dijawab masing-masing kelompok. Terlihat para peserta bekerjasama dalam menjawab soal. Terlihat pula para penonton berdiskusi satu sama lain setiap pertanyaan diajukan.

Sekitar 1,5 jam pertanyaan selesai. Para juri segera menghitung nilai perkelompok untuk ditentukan siapa pemenangnya. Sebelum pembacaan juara, juri sedikit memberikan kuis terkhusus untuk penonton. Bagi yang bisa menjawab akan mendapatkan buku bacaan.

Adapun pemenang lomba CCI periode 2016/2017 ini diraih oleh kelompok pertama. Juara 2 oleh kelompok kedua. Juara 3 oleh kelompok keempat. Dan juara terakhir kelompok ketiga. Masing-masing kelompok diminta maju untuk penyerahan hadiah. Acara diakhiri dengan penutupan.

Diadakannya acara semacam ini bertujuan untuk membuktikan sejauh mana pengetahuan ilmiyah para santri. Di samping itu, acara ini juga sangat bermanfaat karena akan mendorong santri yang lain  lebih banyak belajar pengetahuan ilimiyah.

 

Reporter: Cokro

Editor: Yazid Abu Fida’

 

Baca Juga

MOS (Masa Orientasi Santri) Th. 2017

Simo Taujih News. Mengawali tahun ajaran baru, 2017-2018, Bagian Kesantrian mengadakan MOS  (Masa Orientasi Santri). ...

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami

Telah Dibuka! Pendaftaran Santri Baru Gelombang Pertama Tahun Pelajaran 2018/2019!Klik Di Sini!!!