Home / Kabar Pondok / LANGUAGE FESTIVAL 16/17

LANGUAGE FESTIVAL 16/17

Festival Language 2 Festival Language 5Festival Language 4Festival Language 3

Gunung Madu, Jumat (07/04/2017). Dalam rangka meningkatkan kualitas berbahasa santri Darusy Syahadah, bagian Bahasa Ponpes Islam Darusy Syahadah dibantu segenap anggota IST (Idaroh Syu’unith Tahalabah-semacam OSISI) 16/17 mengadakan acara “Language Festival”. Acara ini diikuti oleh santri kelas Takhassus, 1 KMI, dan  1 TID. Setiap angkatan diminta mengajukan perwakilan terbaik untuk setiap cabang lomba yang diadakan oleh panitia.

Acara dibuka hari Kamis 6 April ba’da ashar di Masjid Baitul Makmur Darusy Syahadah dengan dipimpin oleh ketua panitia acara. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh ketua kesantrian Ustadz Muqorrobin. Menyusul sambutan dari musyrif bagian Bahasa Ustadz Dzikri. Dalam sambutannya beliau memberikan motivasi kepada santri tentang pentingnya Bahasa Arab. Terakhir sambutan dari ketua IST 16/17 oleh Syuja’ Asadullah.

Ba’da isya, para peserta dan audiens dikumpulkan di area panggung guna melanjutkan acara. Diawali dengan persembahan sebuah drama dari IST. Kemudian dilanjutkan dengan cabang lomba pertama yaitu Pidato Bahasa Arab. Ke 3 peserta bersaing untuk merebut gelar juara. Rangkaian acara selanjunya adalah lomba Drama Bahasa Arab dan Inggris. Para peserta drama yang berjumlah maksimal 20 orang ini hanya diperbolehkan menggunakan kedua Bahasa tersebut. Kemudian acara ditutup sementara dan dilanjutkan hari berikutnya malam Sabtu.

Di malam berikutnya ba’da isya’, acara dilanjutkan dengan cabang lomba terakhir yaitu Puisi Bahasa Arab. Dengan diiringi ilusi dan nasyid, para peserta terlihat menghayati setiap kata yang mereka lantunkan. Setelah seluruh cabang lomba selesai, para juri yang bertugas menilai hasil penampilan peserta segera merekap hasil nilai yang telah didapat peserta, untuk menentukan juara masing-masing cabang lomba. Usai merekap nilai, juri membacakan pemenang dari setiap cabang lomba. Para pemenang mendapatkan hadiah sesuai juaranya masing-masing. Selain itu, dalam kesempatan ini bagian Bahasa juga memberikan hadiah dari setiap kegiatan selama setahun ini, di antaranya lomba Wawancara Bahasa Arab, Debat Bahasa Arab, dan santri teladan berbahasa Arab.

Para santri terlihat antusias mengikuti acara tersebut. Acara juga dimeriahkan dengan adanya stand bazar buku dan pakaian. Juga tersedia beraneka macam makanan yang diadakan oleh panitia acara. Terlihat santri meramaikan stand penjualan tersebut.

Maka, tinggallah acara terakhir yaitu penutupan. Sebelum acara diakhiri, panitia acara dan IST menampilkan drama sekali lagi. Setelah itu, ketua bagian Bahasa memberikan motivasi kepada para santri bahwa betapa pentingnya Bahasa Arab untuk kelancaran memperdalam ilmu syar’i sebagai bagian dari perjuangan Islam.

Reporter : Khalid Al Jundy

Editor    : Yazid Abu Fida’

 

Baca Juga

MOS (Masa Orientasi Santri) Th. 2017

Simo Taujih News. Mengawali tahun ajaran baru, 2017-2018, Bagian Kesantrian mengadakan MOS  (Masa Orientasi Santri). ...

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami

Telah Dibuka! Pendaftaran Santri Baru Gelombang Pertama Tahun Pelajaran 2018/2019!Klik Di Sini!!!