Home / Selayang Pandang Ma’had Aly Darusy-Syahadah
Selayang Pandang
Ma’had Aly Darusy-Syahadah


  1. Pendahuhluan
Ma’had Aly Darusy-Syahadah merupakan salah satu bentuk usaha pelembagaan tradisi akademik tingkat tinggi di Balai Pendidikan Pondok Pesantren Darusy-Syahadah Gunung Madu-Simo-Boyolali. Pembentukan Ma’had Aly Darusy-Syahadah dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pendidikan pesantren yang mampu melahirkan Da’I dan Mu’allim di tengah-tengah kemajuan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini. Ma’had Aly Darusy-Syahadah adalah lembaga pendidikan keagamaan tingkat tinggi yang menyelenggarakan pendidikan kaderisasi ulama dengan kajian utama Kitab Klasik (Turast) dan kontemporer (Ashry) yang diselenggarakan berdasarkan ajaran islam dan bersifat independen.    
Disamping mempertahankan tradisi keilmuan yang sudah menjadi ciri khas pesantren, Ma’had Aly Darusy-Syahadah juga berusaha melakukan pembaharuan pada kurikulum dan metodologi pengajaran. Dalam hal pengajaran ilmu-ilmu keagamaan, kurikulum disusun berdasarkan pendekatan inter-disipliner seperti fiqih, ushul-fiqh, tafsir, hadist, ilmu hadist, dll, yang dikombinasikan dengan penggunaan kitab-kitab Mu’tabarah dalam tradisi pesantren.   


  1. Visi
Sebagai lembaga pendidikan tinggi islam dengan system asrama, Ma’had Aly Darusy-Syahadah merupakan “pusat keunggulan (center of excellent) studi ilmu keislaman dan kaderisasi Da’I serta Mu’allim; pewaris tradisi ilmiyah dan amaliyah Salaf Ash-Shalih Ahlu As-Sunnah Wa Al-Jama’ah; mengintegrasikan tradisi keilmuan pesantren dan tradisi akademik perguruan tinggi dengan kompetensi mengaktualisasikan ilmu-ilmu agama bagi kemaslahatan Ummat.”
  1. Misi
Misi Ma’had Aly Darusy-Syahadah adalah:
  1. Menyelenggarakan dan melaksanakan studi keislaman yang mendalam, utuh dan komprehensif.
  2. Menyelenggarakan dan melaksanakan kaderisasi Da’i dan Mu’allim dengan membekali dan menanamkan tradisi ilmiyah dan amaliyah sesuai dengan Manhaj Salaf as-Shalih Ahlu As-Sunnah Wa Al-Jama’ah.
  3. Menyelenggarakan dan melaksanakan system pendidikan Pondok Pesantren setingkat perguruan tinggi dengan dukungan ilmu pengetahuan, teknologi dan perpustakaan yang representative bagi studi keislaman.
  4. Menumbuhkembangkan berbagai program penelitian dan pengabdian pada masyarakat.


  1. Tujuan
Ma’had Aly Darusy-Syahadah bertujuan:
  1. Menyiapkan dan mengantarkan Mahasantri menjadi kader Da’I dan Mu’allim yang memiliki sifat-sifat sebagaimana dicontohkan Rasulullah saw, serta dapat menjalankan fungsi keteladanan, kependidikan, penyuluhan, pengembangan masyarakat dan pemberi fatwa keagamaan sesuai dengan bidang keahlian dalam ilmu ilmu keislaman masing-masing dan sesuai dengan tantangan zaman yang dihadapi.
  2. Mengantarkan Mahasantri menjadi kader Da’I dan Mu’allim yang memiliki kemauan dan kemampuan akademik, terbuka, bertanggung jawab, berdedikasi dan peduli terhadap Ummat.
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu-ilmu keislaman serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan tarap kehidupan masyarakat.
  1. Sasaran
Membina lulusan Kulliyatu al-Mu’allimin dan Kulliyatu Al-Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Darusy-Syahadah Boyolali atau yang sederajat, yang memiliki kompetensi dasar dalam ilmu pengetahuan islam (Dirasah Islamiyah), bahasa arab dan sanggup mengikuti sunnah dan disiplin Pondok Pesantren Darusy-Syahadah.


  1. Fungsi
Ma’had Aly Darusy-Syahadah mempunyai fungsi untuk menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan keislaman; sebagai pusat pengkajian dan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu keislaman; sebagai pusat pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat berkeadaban; sebagai pusat peradaban umat islam.


  1. Jurusan/Program Studi
Dalam sejarahnya, pembukaan jurusan dan program studi yang ada di Ma’had Aly Darusy-Syahadah berdasarkan kebutuhan masyarakat dengan memperhatikan cabang-cabang ilmu keislaman dengan tambahan beberapa materi ilmu pengetahuan umum. Karena itu visi-misi jurusan dan program studi tersebut mencerminkan visi-misi ilmu agama islam.
Adapun secara detail profil jurusan/program studi yang ada di Ma’had Aly Darusy-Syahadah adalah sebagai berikut:
    1. Ma’had Aly Darusy-Syahadah Lita’hil al-Mudarrisin
Pendahuluan
Ma’had ‘Aly Darusy Syahadah Li Ta’hil al-Mudarrisin adalah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan intensif selama enam semester. Dengan menjadikan perpustakaan sebagai pusat ilmu, dosen sebagai pembimbing dan pengarah dalam kegiatan belajar mengajar. Ma’had ‘Aly Darusy Syahadah Li Ta’hil al-Mudarrisin diharapkan dapat melahirkan alumni tenaga pengajar yang terampil dalam mengelola lembaga pendidikan dan mampu mengajar al-‘Ulum asy-Syar’iyyah dengan cakap.


Dengan menerapkan pendidikan setara strata satu, Ma’had ‘Aly Darusy Syahadah Li Ta’hil al-Mudarrisin terus berusaha menciptakan kultur akademik yang kondusif sehingga para mahasantri dapat mempelajari al-‘Ulum asy-Syar’iyyah dengan tenang dan nyaman agar kelak menjadi manusia yang memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi tantangan pendidikan islam di masa depan.


Visi Ma’had
Terciptanya tenaga pendidik dan kependidikan yang kapabel dalam menguasai al-‘Ulum asy-Syar’iyyah dan bahasa arab sehingga memiliki kompetensi dalam mewariskan jati diri “ulama”.


Misi Ma’had
    1. Menyelenggarakan program dirasat islamiyah yang terfokus pada penguasaan ulum dan bahasa arab secara mendalam melalui sistem pendidikan pondok pesantren dan perguruan tinggi.
    2. Mewujudkan mudarris yang kapabel dalam penguasaan ulum dan lughoh arobiyah yang kompeten dalam mewariskan jati diri ulama
    3. Mengembangkan tradisi dan budaya keilmuan “ulama” ahlu as-sunnah wal jama’ah.
    4. Menjadi ahlul ilmi yang konsekwen terhadap tuntutan ilmunya.


Esensi Dan Tujuan
Tujuan didirikannya Ma’had ‘Aly Darusy Syahadah Li Ta’hil al-Mudarrisin adalah untuk menghasilkan output yang memiliki kompetensi dalam ulum dan bahasa arab yang berkonsentrasi pada penguasaan enam ulum syar’i itu (Aqidah, Fiqh, Hadits, Tafsir, dll) di samping penguasaan secara umum terhadap ilmu agama Islam yang lain, hafalan Al-Qur’an minimal 6 juz serta kecakapan berbahasa arab dan memiliki kapabilitas dalam mendidik jenjang menengah dua serta peduli terhadap problema keislaman.


Program Studi
    1. Aqidah
    2. Fiqh
    3. Siroh An-Nabawiyah
    4. Hadits
    5. Tafsir
    6. Bahasa arab


    1. Ma’had Aly Darusy-Syahadah Lita’hil al-Mudarrisat
Pendahuluan
Ma’had ‘Aly Darusy Syahadah Li Ta’hil al-Mudarrisat adalah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan intensif selama enam semester. Dengan menjadikan perpustakaan sebagai pusat ilmu, dosen sebagai pembimbing dan pengarah dalam kegiatan belajar mengajar. Ma’had ‘Aly Darusy Syahadah Li Ta’hil al-Mudarrisat diharapkan dapat melahirkan alumni tenaga pengajar yang terampil dalam mengelola lembaga pendidikan dan mampu mengajar al-‘Ulum asy-Syar’iyyah dengan cakap.


Dengan menerapkan pendidikan setara strata satu, Ma’had ‘Aly Darusy Syahadah Li Ta’hil al-Mudarrisat terus berusaha menciptakan kultur akademik yang kondusif sehingga para mahasantri dapat mempelajari al-‘Ulum asy-Syar’iyyah dengan tenang dan nyaman agar kelak menjadi manusia yang memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi tantangan pendidikan islam di masa depan.


Visi
Terciptanya tenaga pendidik dan kependidikan yang kapabel dalam menguasai al-‘Ulum asy-Syar’iyyah dan bahasa arab sehingga memiliki kompetensi dalam mewariskan jati diri “ulama”.


Misi
  1. Menyelenggarakan program dirasat islamiyah yang terfokus pada penguasaan ulum dan bahasa arab secara mendalam melalui sistem pendidikan pondok pesantren dan perguruan tinggi.
  2. Mewujudkan mudarrisah yang kapabel dalam penguasaan ulum dan lughoh arobiyah yang kompeten dalam mewariskan jati diri ulama
  3. Mengembangkan tradisi dan budaya keilmuan “ulama” ahlu as-sunnah wal jama’ah.
  4. Menjadi ahlul ilmi yang konsekwen terhadap tuntutan ilmunya.


Esensi Dan Tujuan
Tujuan didirikannya Ma’had ‘Aly Darusy Syahadah Li Ta’hil al-Mudarrisat adalah untuk menghasilkan output yang memiliki kompetensi dalam ulum dan bahasa arab yang berkonsentrasi pada penguasaan enam ulum syar’i itu (Aqidah, Fiqh, Hadits, Tafsir, dll) di samping penguasaan secara umum terhadap ilmu agama Islam yang lain, hafalan Al-Qur’an minimal 6 juz serta kecakapan berbahasa arab dan memiliki kapabilitas dalam mendidik jenjang menengah dua serta peduli terhadap problema keislaman.


Program Studi
    1. Aqidah
    2. Fiqh
    3. Siroh An-Nabawiyah
    4. Hadits
    5. Tafsir
    6. Bahasa arab


    1. Ma’had Aly Darusy-Syahadah Tahfidz Al-Qur’an Lil Banat
Pendahuluan
Ma’had ‘Aly Darusy Syahadah Litahfidz Al-Qur’an adalah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan intensif selama enam semester. Dengan menjadikan perpustakaan sebagai pusat ilmu, dosen sebagai pembimbing dan pengarah dalam kegiatan belajar mengajar. Ma’had ‘Aly Darusy Syahadah Litahfidz Al-Qur’an diharapkan dapat melahirkan alumni hafidzah dan muhafidzah yang mampu mengajar tafsir dan ilmu tentang al-Qur’an dengan cakap.


Dengan menerapkan pendidikan setara strata satu, Ma’had ‘Aly Darusy Syahadah Litahfidz Al-Qur’an akan berusaha menciptakan kultur akademik yang kondusif sehingga para mahasantri dapat menghafal al-Qur’an dan mempelajari tafsir dan ilmu al-Qur’an dengan tenang dan nyaman agar kelak menjadi hafidzah dan muhafidzah yang berkualitas dan bermanfaat untuk Ummat.


Visi
Terciptanya seorang hafidzah dan muhafidzah yang kapabel dalam menguasai tafsir dan ilmu al-Qur’an sehingga memiliki kompetensi dalam mewariskan jati diri “ulama”.


Misi
  1. Menyelenggarakan program tahfidz dan dirasat islamiyah yang terfokus pada tafsir dan ilmu al-Qur’an secara mendalam melalui sistem pendidikan pondok pesantren dan perguruan tinggi.
  2. Mewujudkan hafidzah dan muhafidzah yang kapabel dalam penguasaan tafsir dan ilmu al-Qur’an yang kompeten dalam mewariskan jati diri ulama
  3. Mengembangkan tradisi dan budaya keilmuan “ulama” ahlu as-sunnah wal jama’ah.
  4. Menjadi ahlul ilmi yang konsekwen terhadap tuntutan ilmunya.


Esensi Dan Tujuan
Tujuan didirikannya Ma’had ‘Aly Darusy Syahadah Litahfidz Al-Qur’an adalah untuk menghasilkan output yang memiliki kompetensi dalam menghafal al-Qur’an, tafsir dan ilmu al-Qur’an sehingga memiliki kapabilitas dalam mendidik jenjang menengah dua serta peduli terhadap problema keislaman.


Program Studi
    1. Al-Qur’an
    2. Tafsir
    3. Ilmu Al-Qur’an   


  1. Penutup
Disadari bahwa saat ini dan dimasa yang akan datang peranan Ma’had Aly termasuk pendidikan Diniyyah dasar yang sangat penting, karena keberhasilannya menjadi tuntutan setiap orang tua dan seluruh lapisan masyarakat islam. Betapa tidak karena lembaga pendidikan diniyyah dasar akan menjadi andalan utama bagi terwujudnya calon ahli ilmu agama islam atau figure  yang akan menjadi Da’I dan Mu’allim dimasa yang akan datang.   

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami

Telah Dibuka! Pendaftaran Santri Baru Gelombang Pertama Tahun Pelajaran 2018/2019!Klik Di Sini!!!