Home / Kabar Pondok / TA’LIMUL KITAB, PROGRAM APLIKATIF PELAJARAN BAHASA

TA’LIMUL KITAB, PROGRAM APLIKATIF PELAJARAN BAHASA

DSC_0002 DSC_0003 DSC_0005 DSC_0009 DSC_0013 DSC_0014

Gunung Madu – Penguasaan dan pengetahuan akan bahasa Arab serta membaca kitab-kitab Arab sangat penting. Atas dasar hal ini Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah melalui bagian bahasa mengadakan acara ta’limul kitab untuk para santri kelas 1 KMI. Program yang dibimbing langsung oleh ustadz Kholid Abdurrohman, Lc selaku ketua bagian bahasa. Beliau yang merupakan alumni LIPIA Jakarta sekaligus pengajar pelajaran bahasa di Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah mengkoordinasi beberapa ustadz muda untuk mendampingi para santri kelas 1 KMI dalam belajar membaca dan menerjemahkan serta menerapkan kaidah-kaidah dalam bahasa Arab.

Sistem yang dipakai adalah “Talaqi”, di mana santri dikelompokan menjadi  beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok terdiri sekitar 12 sampai 15 santri dengan dibimbing satu ustadz. Program yang telah bergulir sejak awal tahun ajaran ini dilaksanakan setiap hari senin dan kamis pagi ba’da subuh sampai pukul 05.30 WIB. Adapun metode pembelajarannya bervariatif tergantung kemampuan santri dan inisiatif pembimbing. Ada yang menggunakan metode mulazamah yaitu santri membacakan bacaannya langsung kepada pembimbingnya. Selain itu ada pembimbing yang membacakan bacaan kemudian santri memberikan sakl atau harokat. Setelah itu santri disuruh membaca sambil dan ditanya tentang beberapa qaidah Nahwu Shorofnya.

Program ini sangat membantu para santri dalam memahami pelajaran-pelajaran yang mereka dapatkan dikelas, seperti nahwu dan shorof. Karena pada dasarnya program ta’limul kitab adalah aplikatif dari teori-teori yang didapatkan para santri dikelas. Kedepan semoga program ini tetap eksis dan menjadi sarana para santri untuk mendukung belajar mereka akan bahasa Arab.

 

Reporter: Sofyan

Editor: Yazid Abu FIda’

Baca Juga

MOS (Masa Orientasi Santri) Th. 2017

Simo Taujih News. Mengawali tahun ajaran baru, 2017-2018, Bagian Kesantrian mengadakan MOS  (Masa Orientasi Santri). ...

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami

Telah Dibuka! Pendaftaran Santri Baru Gelombang Pertama Tahun Pelajaran 2018/2019!Klik Di Sini!!!