BerandaKabar PondokKunjungan Studi Lapangan Prodi Ta’hil Mudarrisat ke Pesantren Nurul Islam Tengaran

Kunjungan Studi Lapangan Prodi Ta’hil Mudarrisat ke Pesantren Nurul Islam Tengaran

- Advertisement -spot_img

Senin, 9 September 2024 – Bagian Akademik kembali memberangkatkan mahasantri untuk melaksanakan kunjungan studi lapangan. Kali ini, mahasantri semester III prodi Ta’hil al – Mudarrisat mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan kunjungan studi lapangan ke pondok pesantren Nurul Islam yang terletak di Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan nyata kepada mahasantri dalam hal mengelola madrasah. Dengan kegiatan studi lapangan diharapkan mahasantri dapat mengenal lebih dekat tentang lingkungan fisik, administrasi sekolah, manajemen pengelolaan dan lain – lain sehingga menjadi referensi di kemudian hari apabila telah mengabdikan diri di dunia pendidikan. Selain itu, agar memperoleh pembelajaran dan motivasi untuk menjadi seorang pengelola lembaga pendidikan yang baik dan bijaksana dari sisi manajemen pengelola demi tercapainya tujuan pendidikan

Nurul Islam sendiri merupakan sebuah yayasan pendidikan dengan visi menjadi lembaga penyelenggara pendidikan Islam terdepan di Jawa Tengah. Visi tersebut diwujudkan salah satunya dengan menyelenggarakan lembaga pendidikan dengan menaungi beberapa unit, yaitu KB/TKIT, SDIT, SMPIT, SMAIT, MA dan Ponpes Nurul Islam Tengaran.

Studi lapangan ini menargetkaan lembaga pendidikan tingkat menengah ke atas yang terdiri dari SMAIT, MA dan Ponpes Nurul Islam Tengaran.

SMAIT merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan mencetak generasi pemimpin qur’ani, prestatif dan mampu memberikan kontribusi kebaikan di masyarakat dengan. Sedangkan Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran merupakan lembaga pendidikan yang memadukan aspek ruhiyah, fikriyah dan jasadiyah dalam kegiatan pembelajarannya, guna membentuk kader yang siap memimpin ummat dan bangsa di masa depan. Adapun Pondok Pesantren Nurul Islam Tengaran merupakan lembaga untuk mengawal agenda siswa/santri SMPIT, SMAIT dan MA Nurul Islam Tengaran sepulang dari KBM di sekolah sampai KBM kembali dilaksanakan di hari berikutnya.

Oleh karena itu, Pondok Pesantren Nurul Islam Tengaran merupakan pilihan instansi yang tepat bagi mahasantri jurusan Ta’hil Al Mudarrisat untuk mengambil pelajaran terkait manajemen kelembagaan secara langsung.

Mahasantri berangkat didampingi Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL ) dengan bekal pertanyaan – pertanyaan yang sudah mereka susun kurang lebih satu pekan. Pertanyaan – pertanyaan tersebut disusun beredasarkan rumus yang mahasantri dapatkan ketika pembekalan bersama Ust. M. Imam Najmuddin, M.Si.

Pengenalan pesantren oleh Ust. Sa’dullah Mahmud, S.Pd. M.Psi.

Bagian – bagian yang menjadi narasumber dari kegiatan studi lapangan meliputi bagian kurikulum, pesantren, SDM, humas, keuangan, bina pribadi Islam, dan kerumahtanggaan.

Kegiatan studi lapangan dimulai dengan pengantar yang disampaikan oleh Mudir Ma’had Ust. Qosdi Ridhwanullah berupa perkenalan awal Ma’had Aly Darusy Syahadah dan pemaparan secara singkat deskripsi kegiatan. Kemudian dilanjut sambutan dari pihak tuan rumah, Ustadz Sa’dullah Mahmud, S.Pd., M.Psi. selaku Kepala Direktorat Pendidikan.

Beliau juga mensosialiasikan sejarah berdirinya pondok juga program – program yang bergulir dari masa ke masa hingga saat ini.

Wawancara perbagian dilaksanakan setelah sambutan dan penyerahan simbolis studi lapangan.

Wawancara berjalan dengan khidmat. Ustadz dan ustadzah yang menjadi narasumber menjelaskan dengan gamblang manajemen program yang menjadi inti dari pertanyaan – pertanyaan mahasantri.

Tepat pukul 12.00 acara disudahi, kemudian dilanjutkan dengan observasi. Karena kompleknya sangat luas, maka observasi dilaksanakan perbagian sesuai dengan lingkup kerjanya.

Setelah observasi, dari pihak Nurul Islam kemudian membuat ceremonial penutupan studi lapangan. Ucapan banyak terima kasih disampaikan oleh Ust. Ammar Fatchul Mujib kepada Ponpes Nurul Islam karena telah berkenan mengizinkan mahasantri untuk belajar dan mengenal lebih dekat lingkungan sekolah berbasis pesantren.

Penyerahan simbolis studi lapangan dari pimpinan prodi Tahil Mudarrisat Darusy Syahadah kepada pengurus pesantren Nusul Islam.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ust. Abdul Fattah Ismail Farras, Lc, M.IRKH yang tak lain adalah cucu dari pendiri pesantren.

Dengan terlaksananya kegiatan studi lapangan, Ma’had Aly Darusy Syahadah telah memperluas relasi, semoga silaturrahmi terus berjalan dengan baik.

Harapannya mahasantri dapat mengambil banyak wawasan dan manfaat terutama perihal manajemen kesekolahan sekaligus kepengasuhan pesantren.

Barakallahufiikum.

By : Omar

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansSuka
12,700PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
9,600PelangganBerlangganan
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

Silakan tulis komentar Anda demi perbaikan artikel-artikel kami